Mail Client

Di era yang sudah serba computerized hampir di segala bidang ini,  email atau surel (surat elektronik) telah menjadi sebuah keniscayaan. Hampir setiap orang memiliki akun email/surel, baik itu untuk kepentingan kantor maupun pribadi sehingga email hampir dapat dianalogikan seperti nomor handphone.

Mail Client adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses dan mengatur email user/pengguna. Jadi dengan kata lain, user/pengguna tidak lagi menggunakan web browser untuk mengakses emailnya melainkan menggunakan aplikasi yang namanya mail client. Mail client akan menjadi interface/perantara kita untuk ngobrol dengan mailbox email kita yang berada di remote server.
Aplikasi mail client yang biasa kita kenal antara lain, Microsoft Outlook, Mozilla’s Thunderbird, Eudora, Windows Live Mail, Pegasus Mail, dan masih banyak lagi. Di lain kesempatan mungkin akan saya sharing mengenai beberapa di antaranya. Kesemua mail client yang saya sebutkan tadi umumnya dapat digunakan untuk mengakses akun email publik anda, seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, bahkan email private / organisasi yang menggunakan infrastruktur Microsoft Exchange.

Keuntungan menggunakan mail client kita tidak terlalu tergantung kepada internet. Kita dapat membuat konsep email secara offline telebih dahulu, untuk kemudian dikirim ketika kita sudah bisa mendapatkan koneksi internet. Hal ini cukup efektif ketika kita sedang berada di dalam perjalanan, dan tidak sedang membawa modem.

0 comments:

Post a Comment