Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan

Berdasarkan SAP Gunadarma, tugas minggu ke-2 Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar adalah Penduduk, Masyarakat dan kebudayaan 
.
Materi dapat di download di sini atau bisa searching di http://www.google.com, atau dapat membaca - baca di wikipedia :D

Langsung pada tugas.



Sepintas dilihat dari judul terjadi perulangan kata yaitu penduduk dan masyarakat, kebanyakan orang mengatakan penduduk dan masyarakat itu adalah sama, tetapi pada kenyataannya ternyata berbeda. Penduduk dalam Ilmu Sosial dapat diartikan sekumpulan atau sekelompok manusia yang berkembang biak di suatu daerah tertentu. Sedangkan Masyarakat adalah kehidupan sosial yang tercipta oleh adanya penduduk. Jadi penduduk dan masyarakat berbeda tapi saling berhubungan. 

Dari penduduk dan masyarakat maka akan tercipta suatu kebudayaan. Kebudayan dapat diartikan kebiasaan atau unsur yang terus berkembang dan turun - menurun atau diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan itu sendiri terbagi ke berbagai macam unsur, seperti unsur lingkungan, agama, bahasa, adat istiadat, karya seni, bangunan, pakaian, serta masih banyak lagi.

Jadi kesimpulannya sekumpulan manusia yang berkembang atau tinggal di suatu tempat atau daerah tertentu dikatakan penduduk, dari kehidupan sosial penduduk tersebut maka terbentuklah masyarakat, dalam masyarakat pasti terdapat aturan - aturan tertentu yang tumbuh dengan sendirinya dari hasil sosialisasi tersebut, sehingga aturan - aturan tersebut dapat dikatakan suatu kebudayaan.
Sehingga kebudayaan di masing - masing daerah itu pasti berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Sebagai contoh tiap - tiap daerah memiliki alat musik daerah khas daerah tersebut, rumah adat tersendiri, senjata - senjata tersendiri, lagu - lagu daerah sendiri dan lain sebagainya.

Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan, jika ada kekurangan mohon dimaafkan.

0 comments:

Post a Comment