Individu, Keluarga dan Masyarakat

Manusia pada dasarnya tidak dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain, terkadang dalam permasalahan sekecil apapun kita sebagai manusia biasa pasti butuh bantuan orang lain, maka dari itu manusia dapat dikatakan sebagai makhluk sosial.

Manusia juga dapat dikatakan sebagai makhluk individu, dalam artian jika dalam suatu kelompok masyarakat seseorang  masih membawa pola tingkah laku yang spesifik terhadap dirinya atau bersifat perorangan. Individu ini menandakan sebagai ciri khas dari tiap2 orang, oleh karena itu sering timbul ketidak cocokan antar individu. Namun hal seperti ini merupakan hal yang wajar, sebab hal ini merupakan bagian dari penyesuaian antar individu. Apabila individu dapat menyesuaikan diri maka individu tersebut dikatakan telah berhasil menemukan kepribadiannya.

Unit satuan terkecil atau kelompok terkecil dalam masyarakat adalah keluarga. Keluarga terbentuk oleh perkawinan. Pasangan suami istri sudah dapat dikatakan suatu keluarga. Dari keluarga lah maka akan terbentuk individu yang bermacam-macam kepribadian.

Masyarakat? siapa yang tidak tahu masyarakat, dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mengatakan masyarakat. Masyarakat terbentuk dari kehidupan sosial sekumpulan manusia yang berkembang atau tinggal di suatu tempat atau daerah tertentu. Masyarakat terbagi menjadi dua yaitu masyarakat sederhana dan masyarakat maju, yang mana masyarakat sederhana dalam hal pekerjaan masih dibedakan berdasarkan jenis kelamin, sedangkan masyarakat maju memiliki bebagai macam jenis kehidupan sosial baik dalam bidang industri maupun non industri

0 comments:

Post a Comment