Tugas 2 Etika & Profesionalisme TSI

  1. Jelaskan apa yang menjadi alasan penyalahgunaan fasilitas teknologi sistem informasi sehingga ada orang atau pihak lain menjadi terganggu!
  2. Bagaimana cara menanggulangi gangguan-gangguan yang muncul karena penyalahgunaan fasilitas teknologi sistem informasi? Jelaskan!
  3. Sebutkan salah satu kasus yang terjadi berkaitan penyalahgunaan fasilitas teknologi sistem informasi, beri tanggapan akan hal tersebut

jawab

1. Penyalah gunaan fasilitas teknologi sistem informasi dapat mengakibatkan kerugian material dan moral, sebagai contoh seseorang yang menyebarkan vidio porno dapat mengakibatkan moral anak - anak muda yang menonton atau mengundah nya menjadi jelek. Kerugian material juga dapat menggangu pihak lain, misalkan pencurian data kartu kredit seseorang kemudian digunakan untuk hal - hal yang tanpa disetujui pemilik. Ada lagi misalkan ulah spamer yang mengirim email sampah ke data email - email pihak lain yang dimilikinya. Dan masih banyak lagi hal - hal yang menggangu pihak lain jika seseorang menyalahgunakan teknologi informasi.

2. pemerintah dapat menggalakan program internet sehat dengan memblokir konten - konten porno atau dewasa, terutama di area sekolah, kampus dan institusi pendidikan lainnya. Operator dan ISP juga dapat membantu program tersebut dengan menerapkan internet sehat untuk layanan home internet. 

penyedia jasa kartu kredit menjaga rahasia data pemilik kartu kredit, karena untuk saat ini banyak data nasabah kartu kredit diperjualbelikan oleh para sales marketing kartu kredit. Hal ini dapat menyebabkan kenyaman nasabah terganggu.

untuk user disarankan menggunakan antivirus, firewall dan appliqués legal, karena saat ini banyak program bajakan yang sering digunakan ole masyarakat yang mana hapir 90% program bajakan terinfeksi virus.

3. salah satu kasus penyalahgunaan teknologi informasi adalah pemasangan alat sadap skimer pada mesin atm, yang menyebabkan pelaku dapat menduplikat kartu atm milik nasabah bank. dan pemasangan kamera spy di atm sehingga pelaku dapat merekam nasabah ketika memasukkan pin atm nya. kasus ini dapat menyebabkan kerugian materil pada nasabah / korban, tetapi hal ini juga dapat dihindari apabila nasabah selalu berhati - hati dalam menggunakan fasilitas atm, seperti sering mengganti pin minimal 1 bulan sekali, menutupi dengan tangan ketika sedang memasukkan pin atm, perhatian terhadapt mesin atm, apabila ada yang aneh maka lebih baik tidak meneruskan transaksi di mesin atm tersebut.
Read More

Manusia dan Keindahan


-->
Keindahan merupakan faktor penarik paling kuat yang memberi aroma pesona khusus dan memikat yang dimiliki manusia. Seseorang yang memiliki keindahan terkadang tidak menyadari akan keindahannya, jika tidak ada cermin untuk melihat dirinya sendiri. Keindahan berdiri di luar badan manusia. Sifatnya “dilihat”, bukan melihat. Manusia yang melihat keindahannya dan menyaksikan pesonanya yang memikat, menjadi cermin penyaksian dirinya sendiri. Sang pemandang seolah-olah tidak melihat sesuatu yang lain kecuali dirinya, tarian keindahannya begitu kuat memikat dan mengikat kesadaran Sang pemandang, menjadi kesadaran tunggal hanya kepada satu Yang Terindah. Dari yang terkecil sehingga yang terbesar, semua keindahannya tidak dapat dihapuskan, bahkan jika nyawa menjadi taruhannya.

Keindahan dalam arti luas menurut para ahli, yaitu :
  • Menurut The Liang Gie keindahan adalah ide kebaikan
  • Menurut Pluto watak yang indah dan hukum yang indah
  • Menurut Aristoteles keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan

Keindahan dalam arti estetik murni
  • Yaitu pengalaman estetik seseorang dalam hubungan dengan segala sesuatu yang diserapnya.
Keindahan dalam arti terbatas
  • Yaitu yang menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan yakni berupa keindahan bentuk dan warna

Keindahan sangat berhubungan erat dengan cinta dan kekuasaan. Jika keindahan tidak memiliki cinta dan kekuasaan,  maka seakan semua tidak berarti baginya, kecuali khayalan kosong yang jauh di alam angan dan mimpi, mengharapkan yang tidak berada di sisinya, memimpikan yang tidak dimiliki oleh apa dan siapa yang mendampinginya. Semua yang dekat menjadi jauh dan tidak berharga di matanya, semua yang jauh semakin menjauh dari kenyataan dan realita kesehariannya.

Romeo dan Yuliet, dengan cinta dan keindahannya, meletakkan keduanya dalam ruang hampa dan berisi mereka berdua saja, seakan dunia tidak ada lain selain mereka berdua, ternyata akhirnya meninggal secara konyol. Dikatakan konyol sebab setelah mereka “sehidup semati”, apakah di alam sana tidak ada kekuasaan yang akan memisahkan mereka berdua lagi? Dan kalaupun untuk sementara waktu, kebersamaan mereka masih bertahan, tidakkah suatu saat akan terpecah juga? Khayalan kita tentang cinta dan keindahan telah menghapus keberadaan kekuasaan dan kekuatan yang ada secara mandiri yang berada pada pribadi selain kita atau mereka berdua.
Kadangkala kita menjadi buta dan gila dengan cinta dan keindahan semu yang kita miliki pada saat sedang jatuh cinta, membuat terlena tidak menyadari, bahwa kita tidak mempunyai kekuasaan untuk mengabadikan cinta yang kita rasakan. Maka setiap hati itu ada penunggunya, dan penunggu itulah yang memilikinya secara mutlak dan abadi semenjak dari zaman azali dan hingga selamanya. Dan Sang Penunggu itu adalah Tuhan di hati setiap manusia, yang menantikan sang bayi dari lahir ke dunia ini, sampai kematiannya. Sang Penunggu itu akan datang saat ajal tiba, membawa semua jiwa ke dalam pelukan Sang Pencinta Sejati, Tuhan.
Jadi, selain kita yang mencintai seseorang, ternyata sudah ada yang paling setia dan paling tulus mencintai orang yang kita cinta, dengan Cinta-Nya yang Hebat sehebat keluasan Surga-Nya. Kita manusa tidak memiliki cinta kecuali hanya bersifat sementara di dunia ini saja. Setelah itu, adalah Sang Pemilik Mutlak yang menentukan apakah kita akan diberi hak untuk memiliki orang yang kita cinta di alam setelah dunia ini, atau tidak, yang artinya hanya akan membawa derita bagi kita. Sadarlah, bahwa pengorbanan dan kesetiaan kita di dunia masih tidak ternilai dibandingkan dengan yang ada pada Sang Pemilik Sejati, Sang Pencinta Sejati. Kita hanya fatamorgana untuk diri kita sendiri. Kekuasaan ternyata lebih hebat dari cinta dan keindahan.
Hakikatnya, Cinta itu sendiri adalah nama lain Kekuasaan. Ketika cinta itu bersemi di hati kita, seakan kita menjadi penguasa apapun, semua akan dihancurkan demi yang dicinta, walaupun sebenarnya itu kekuasaan mimpi.
Cinta dan keindahan itu diciptakan oleh kekuasaan, Pemilik Kekuasaan itu adalah Pemilik Cinta Sejati, Pemilik Keindahan Sejati. Cinta sehebat apapun takkan berarti tanpa kekuasaan, keindahan seindah apapun tidak berarti tanpa memilik kekuasaan. Cinta dan keindahan yang lahir tanpa kekuasaan, akan menjadi fana, mudah goyah dan akan terhapus pada saatnya nanti, apakah terpisah sebelum maut menjemputnya atau setelah ajal tiba. Dan kekuasaan yang sebenarnya, Kekuasaan Sejati dalah kekuasaan Ruh.
Keindahan juga identik dengan kebenaran, keindahan adalah kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah yang tidak mengandung kebenaran tidak indah.
Ada dua nilai terpenting dalam keindahan
  • Nilai ekstrinsik yakni nilai yang sifatnya sebagai alat atau membantu untuk sesuatu hal. Contohnya tarian yang disebut halus dan kasar.
  • Nilai intrinsik adalah sifat baik yang terkandung di dalam atau apa yang merupakan tujuan dari sifat baik tersebut, contohnya pesan yang akan disampaikan dalam suatu tarian.

Teori estetika keindahan adalah Jean M. Filo dalam bukunya “Current Concepts of Art” dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
  • Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu subjektif adanya yakni karena manusianya menciptakan penilaian indah dan kurang indah dalam pikirannya sendiri. Barangkali pernah juga kita dengar pepatah “Des Gustibus Non Est Disputandum” selera keindahan tak bisa diperdebatkan.
  • Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan objektif adanya, yakni karena keindahan itu merupakan nilai yang intrinsik ada pada suatu objek, artinya seekor kupu-kupu memang lebih indah dari pada seekor lalat hijau.
  • Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu merupakan pertemuan antara yang subjektif dan yang objektif, artinya kualitas keindahan itu baru ada apabila terjadi pertemuan antara subjek manusia dan objek substansi.
Ada tiga hal yang nyata ketika seseorang menyatakan bahwa sesuatu itu indah, apabila ada keutuhan (Integrity) ada keselarasan (Harmony) serta kejelasan (Clearity) pada objek tersebut. Ini biasanya disebut sebagai hukum keindahan.
H. C Wyatt meneliti alasan-alasan yang biasa diberikan orang apabila mereka mengatakan sesuatu itu indah, dan ia menemukan bahwa banyak sekali orang menganggap sesuatu itu indah karena menyebabkan ia bersosialisasi pada suatu yang pernah mengharukannya dahulu, harapan-harapannya dan seterusnya. Ia menganggap alasan-alasan ini sebagai alasan-alasan non estetik.

disunting dari : 
  • http://yourdreamisyourworld.blogspot.com/2011/03/manusia-dan-keindahan.html
  • http://sosbud.kompasiana.com/2010/06/10/cinta-keindahan-dan-kekuasaan/

Read More

Manusia dan Penderitaan


-->
Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik berat ataupun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati. Karena itu terserah kepada manusia itu sendiri untuk berusaha mengurangi penderitaan itu semaksimal mungkin, bahkan menghindari atau menghilangkan sama sekali. Manusia adalah mahluk berbudaya, dengan budayanya itu ia berusaha mengatasi penderitaan yang mengancam atau dialaminya.


Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia, artinya sudah menjadi konsekwensi manusia hidup, bahwa manusia hidup ditakdirkan bukan hanya untuk bahagia, melainkan juga menderita. Karena itu manusia hidup tidak boleh pesimis, yang menganggap hidup sebagai rangkaian penderitaan. Manusia harus optimis, ia harus berusaha mengataasi kesulitan hidup. Allah telah berfirman dalam surat Arra’du ayat 11, bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang itu sendiri yang berusaha merubahnya.


Pembebasan dari penderitaan pada hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup. Caranya ialah berjuang menghadapi tantangan hidup dalam alarn lingkungan, masyarakat sekitar, dengan waspada, dan disertai doa kepada Tuhansupaya terhindar dari bahaya dan malapetaka.


PENDERITAAN, MEDIA MASA DAN SENIMAN
Dalam dunia modern sekarang ini kemungkinan terjadi penderitaan itu lebih besar. Hal ini telah dibuktikan oleh kemajuan teknologi dan sebagainya menyejahterakan manusia dan sebagian lainnya membuat manusia menderita.


Beberapa sebab lain yang menimbulkan penderitaan manusia ialah kecelakaan, bencana alam, bencana perang. dan lain-lain. Contohnya ialah tenggelamnya kapal Tampomas Dua di perairan Masalembo, jatuhnya pesawat hercules yang mengangkut para perwira muda di­Condet, Meletusnya gunung galunggung,perang Irak-Iran.


Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakt. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia tenitama bagi yang merasa simpati. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga pars pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.


Media masa merupakan alat yang paling tepat untuk mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa penderitaan manusia secara cepat kepada masyarakt. Dengan demikian masyarakat dapat segera menilai untuk menentukan sikap antara sesama manusia tenitama bagi yang merasa simpati. Tetapi tidak kalah pentingnya komunikasi yang dilakukan para seniman melalui karya seni, sehingga para pembaca, penontonnya dapat menghayati penderitaan sekaligus keindahan karya seni.


PENDERITAAN DAN SEBAB-SEBABNYA
Apabila kita kelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab-sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut :


  • Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.
    Penderitaan yang dialami dan disebabkan oleh sesama manusia ini dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Karena disebabkan oleh sesama manusia, maka manusia jugalah yang harus memperbaiki nasib buruknya ini. Di sisi lain, pada hubungan dengan alam sekitar, manusia secara tidak langsung menyebabkan penderitaan itu sendiri (contoh mudahnya banjir yang disebabkan penebangan hutan).
  • Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/ azab Tuhan
    Selain oleh sesama manusia, penderitaan manusia juga dapat disebabkan oleh penyakit atau azab dari Tuhan YME. Azab ini dapat berupa cobaan kepada manusia tersebut agar dapat menjadi lebih baik. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan tawakkal, ikhtiar, kesabaran, dan optimisme dari manusia itu sendiri.


PENGARUH PENDERITAAN
Orang yang mengalami penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bemiacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif. Sikap negatif misalnya penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri. Sikap ini diungkapkan dalam peribahasa “sesal dahulu pendapatan, sesal kernudian tak berguna”, “nasi sudah menjadi bubur”.


Sikap positif yaitu sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dart penderitaan, dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan.


Apabila sikap negatif dan sikap positif.ini dikomunikasikan oleh para seniman kepada para pembaca, penonton, maka para pembaca, para penonton akan memberikan penilaiannya. Penilaian itu dapat berupa kemauan untuk mengadakan perubahan nilai-nilai kehidupan dalam masyarakat dengan tujuan perbaikan keadaan. Keadaan yang sudah tidak sesuai ditinggalkan dan diganti dengan keadaan yang lebih sesuai. Keadaan yang berupa hambatan harus disingkirkan.


Pada akhirnya, dalam berbagai bentuk penderitaan, entah disebabkan oleh apapun atau siapapun, manusialah yang harus menyelesaikan persoalan dan permasalahan itu sendiri, dengan usaha dan sikap yang optimis, manusia diharapkan dapat menyelesaikan masalah penderitaan mereka. Secara langsung, ataupun secara tidak langsung.

disunting dari
  • http://hadi27.wordpress.com/rangkuman-manusia-dan-keindahan-serta-manusia-dan-penderitaan/
  •  http://indrie-swetie.blogspot.com/2011/03/penderitaan-manusia.html
  • http://true-end.net78.net/blog/post/53/penderitaan-manusia-dan-persoalannya/
Read More

Manusia dan CInta Kasih


-->
Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna apabila di bandingkan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya. Tuhan memberikan akal dan pikiran kepada manusia untuk mampu mengolah dan memelihara segala kekayaan alam dan isi di bumi ini. Selain itu, Tuhan juga menganugerahkan cinta  kasih kepada manusia.Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaanafeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.  Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.Cinta dan kasih bukanlah hal yang sama, cinta lebih mengandung  pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan cara untuk mengungkapkan cinta tersebut.
Adapun jenis-jenis Cinta kasih antara lain :
1.       Cinta eros : adalah cinta yang menggila, mencintai karena hasrat yang amat sangat dalam untuk memiliki seseorang,,, cinta eros tak kenal logika,,, cinta ini akan memberikan rasa sakit yang amat sangat bila tidak tercapai,,, banyak orang yang bunuh diri karena cinta jenis ini…
2.       Cinta Fhilia : cinta yang tulus kepada siapa saja,,, di sebut juga cinta sahabat, iklas memberi kepada siapa saja tanpa pandang bulu,, seperti kepada teman, sahabat, ortu, ataupun anak2 jalanan dan fakir miskin
3.       Cinta agape : cinta tingkat tertinggi,, bersedia berkorban dan menderita untuk orang yang di cintai,,, bahkan rela tetap mencintai seseorang itu walaupun sebenarnya orang itu sudah tak pantas lagi untuk di cintai,,, ini adalah cinta yang penuh pengertian, kasih sayang, kesetiaan, dan kesucian,,, cinta ini adalah gambaran dari cinta Allah kepada Manusia.
4.       Cinta storge : cinta dinmana perasaan yang ada kurang berkobar-kobar tetapi memiliki afeksi yang dalam, memiliki komitmen yang kuat terhadap hubungan tersebut serta lebih kepada hubungan sebagai sahabat yang membutuhkan kepercayaan satu sama lain sepanjang waktu untuk membangunnya.
Pengunaan perkataan cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesuai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut:
  1. Cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu, eros
  2. Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, philia
  3. Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, agape
  4. Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme dan narsisme, storge
Cinta juga selalu menyatakan unsur  - unsur dasar tertentu yaitu:
  1. Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya.
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar bedasarkan atas suka rela.
  3. Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain, agar mau membuka dirinya.
  4. Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia. Bentuk ini lebih dari sekedar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antar pribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat.
Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antar pribadi:
  • Afeksi: menghargai orang lain.
  • Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tentunya sangat jarang kita temui sekarang ini).
  • Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
  • Commitment: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
  • Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
  • Kinship: ikatan keluarga.
  • Passion: Hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
  • Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
  • Self-interest: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
  • Service: keinginan untuk membantu dan atau melayani.
  • Homoseks: Cinta dan atau hasrat seksual pada orang yang berjenis kelamin sama, khususnya bagi pria. Bagi wanita biasa disebut Lesbian (lesbi).
di sunting dari http://serigalamilita.wordpress.com/2010/10/31/hubungan-manusia-dengan-cinta/
Read More